Sahabat IslamicTunes yang dimuliakan ALLAH SWT, Setiap memasuki bulan Rajab, sebagian kaum muslimin akan
langsung terbesit di dalam fikirannya yakni bahwa bulan rajab adalah bulan
Isra’ Mikraj. Padahal, disamping peristiwa bersejarah tersebut, juga terdapat peristiwa-peristiwa
lain yang juga sangat bersejarah dan turut serta memberikan perubahan bagi
kehidupan kaum muslimin.
Apa sajakah peristiwa tersebut?
1.
Isra’ Mikraj (27 Rajab).
Isra’ Mikraj (27 Rajab).
Tepat malam 27 Rajab, nabi Muhammad saw melakukan
perjalanan yang dikenal dengan Isra’ Mikraj, dimana nabi Muhammad diperjalankan
berangkat dari Masjidil Haram menuju masjid al aqsha di baitul maqdis
palestina. Isra’ Mikraj itu sendiri adalah hiburan yang diberikan oleh Allah
swt kepada Nabi Muhammad saw, sebagai penguat dirinya, dalam menjalani beratnya
perjalanan dakwah yang beliu hadapi, terlebih lagi setelah meninggalnya isteri
yang begitu beliau cintai dan sayangi yakni Khadijah ra yang selalu setia
berada di sisi nabi, memberikan dukungan moril dan spiritual juga materi akan dakwah
nabi, juga meninggalnya paman beliau yakni Abu Thalib, orang yang selama ini
memberikan himayah(perlindungan) akan dakwah nabi Muhammad saw.
perjalanan yang dikenal dengan Isra’ Mikraj, dimana nabi Muhammad diperjalankan
berangkat dari Masjidil Haram menuju masjid al aqsha di baitul maqdis
palestina. Isra’ Mikraj itu sendiri adalah hiburan yang diberikan oleh Allah
swt kepada Nabi Muhammad saw, sebagai penguat dirinya, dalam menjalani beratnya
perjalanan dakwah yang beliu hadapi, terlebih lagi setelah meninggalnya isteri
yang begitu beliau cintai dan sayangi yakni Khadijah ra yang selalu setia
berada di sisi nabi, memberikan dukungan moril dan spiritual juga materi akan dakwah
nabi, juga meninggalnya paman beliau yakni Abu Thalib, orang yang selama ini
memberikan himayah(perlindungan) akan dakwah nabi Muhammad saw.
2.
Pembebasan Baitul Maqdis Palestina
Pembebasan Baitul Maqdis Palestina
27 Rajab 583 H, Shalahudin al Ayyubi bersama pasukan kaum
muslimin bergerak mengepung dan membebaskan tanah Palestina yang setelah sekian
abad lamanya dikuasai oleh pasukan salibis. Pembebasan itu sendiri tidak
mendapatkan perlawanan yang berarti dari pasukan salibis.
muslimin bergerak mengepung dan membebaskan tanah Palestina yang setelah sekian
abad lamanya dikuasai oleh pasukan salibis. Pembebasan itu sendiri tidak
mendapatkan perlawanan yang berarti dari pasukan salibis.
Umat Islam Palestina pun akhirnya kembali dapat hidup dengan melaksanakan
syariah Islam di bawah system pemerintahan Khilafah Islam.
syariah Islam di bawah system pemerintahan Khilafah Islam.
3.
Penghapusan system khilafah
Penghapusan system khilafah
28 Rajab 1342 H atau tepatnya pada 03 Maret 1924, seorang
pengkhianat yang bernama Mustafa Kemal at-Tarturk, seorang yang berketurunan
Yahudi dari suku Dunamah, seorang agen barat (Inggris), telah menghapuskan
system pemerintahan Islam yakni istem Khilafah, yang kemudian diganti dengan
system pemerintahan Republik.
pengkhianat yang bernama Mustafa Kemal at-Tarturk, seorang yang berketurunan
Yahudi dari suku Dunamah, seorang agen barat (Inggris), telah menghapuskan
system pemerintahan Islam yakni istem Khilafah, yang kemudian diganti dengan
system pemerintahan Republik.
Sejak saat itulah, petaka, bencana dan musibah menimpa umat
Islam. Aturan syariah Islam dicampakan, dan dig anti dengan aturan yang
berpijak pada ideology Kapitalisme-Sekuleris.
Islam. Aturan syariah Islam dicampakan, dan dig anti dengan aturan yang
berpijak pada ideology Kapitalisme-Sekuleris.
Umat Islam yang dulunya berada pada satu wilayah kekuasaan
pemerintahan, kini telah terpecah-pecah menjadi negeri-negeri kecil sekitar
57-an Negara, yang disekat dengan batas territorial wilayah atas nama
Nasionalisme.
pemerintahan, kini telah terpecah-pecah menjadi negeri-negeri kecil sekitar
57-an Negara, yang disekat dengan batas territorial wilayah atas nama
Nasionalisme.
Bulan Rajab, Bulan Perjuangan
Saatnya, di bulan rajab sekarang ini, semangat Rajab adalah
semangat untuk menuju perubahan yang lebih baik, dan perubahan yang lebih baik
itu hanya akan terjadi jika berasal dari system kehidupan yang baik. Dan system
kehidupan yang baik adalah yang berasal dari dzat yang maha baik, Dia-lah Allah
swt, yang telah memberikan janji akan memberikan kekuasaan (istikhlaf) kepada
kaum muslim.
semangat untuk menuju perubahan yang lebih baik, dan perubahan yang lebih baik
itu hanya akan terjadi jika berasal dari system kehidupan yang baik. Dan system
kehidupan yang baik adalah yang berasal dari dzat yang maha baik, Dia-lah Allah
swt, yang telah memberikan janji akan memberikan kekuasaan (istikhlaf) kepada
kaum muslim.
Sebagaimana dalam surat an nuur ayat 55, Allah swt berfirman:
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّن بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَن كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ ﴿٥٥﴾
“Allah telah berjanji kepada
orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih di antara kalian bahwa
Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana
Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa; akan meneguhkan bagi
mereka agama yang telah Dia ridhai untuk mereka; dan akan menukar (keadaan)
mereka sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap
menyembah Aku tanpa mempersekutukan Aku dengan dengan sesuatu pun. Siapa saja
yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, mereka itulah orang-orang yang
fasik.”[TQS An Nuur : 55]
orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih di antara kalian bahwa
Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana
Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa; akan meneguhkan bagi
mereka agama yang telah Dia ridhai untuk mereka; dan akan menukar (keadaan)
mereka sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap
menyembah Aku tanpa mempersekutukan Aku dengan dengan sesuatu pun. Siapa saja
yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, mereka itulah orang-orang yang
fasik.”[TQS An Nuur : 55]
Dalam surat ini, Allah memberikan beberapa
penegasan, Pertama, ayat ini dimulai dengan, “Wa’ada-Llahu (Allah
berjanji)..” yang menunjukkan jaminan kepastian akan terwujudnya
apa yang dijanjikan.
penegasan, Pertama, ayat ini dimulai dengan, “Wa’ada-Llahu (Allah
berjanji)..” yang menunjukkan jaminan kepastian akan terwujudnya
apa yang dijanjikan.
Kedua, janji yang
dijanjikan itu diungkapkan dengan menggunakan redaksi yang jelas, “La
yastakhlifannahum (Dia sunguh-sungguh akan memberikan Khilafah
[kekuasaan] kepada mereka).” Frasa ini mempunyai makna yang
mendalam, karena disusun dari, Lam yang merupakan jawab dari
sumpah Allah, diakhiri dengan nun yang digandakan (tasydid),
atau disebut nun taukid tsaqilah, yang berarti “penegasan ganda”.
dijanjikan itu diungkapkan dengan menggunakan redaksi yang jelas, “La
yastakhlifannahum (Dia sunguh-sungguh akan memberikan Khilafah
[kekuasaan] kepada mereka).” Frasa ini mempunyai makna yang
mendalam, karena disusun dari, Lam yang merupakan jawab dari
sumpah Allah, diakhiri dengan nun yang digandakan (tasydid),
atau disebut nun taukid tsaqilah, yang berarti “penegasan ganda”.
Ditambah pilihan lafadz, yastakhlifa yang
merupakan satu akar kata dengan lafadz khilafah. Semuanya ini tidak
bisa diartikan lain, kecuali bahwa janji berdirinya khilafah ini merupakan
janji yang pasti.
merupakan satu akar kata dengan lafadz khilafah. Semuanya ini tidak
bisa diartikan lain, kecuali bahwa janji berdirinya khilafah ini merupakan
janji yang pasti.
Mungkin ada sebagian kaum muslimin yang berpendapat bahwa janji
Allah tersebut telah kadaluarsa, karena Khilafah telah Allah berikan pada masa
Khulafaur Rasyidin. Pendapat tersebut tidak benar, karena janji Allah berlaku
tanpa batas, dan hal tersebut juga dipertegas oleh bisyarah (kabar gembira)
yang disampaikan oleh nabi Muhammad saw bahwa Khilafah akan tegak kembali.
Allah tersebut telah kadaluarsa, karena Khilafah telah Allah berikan pada masa
Khulafaur Rasyidin. Pendapat tersebut tidak benar, karena janji Allah berlaku
tanpa batas, dan hal tersebut juga dipertegas oleh bisyarah (kabar gembira)
yang disampaikan oleh nabi Muhammad saw bahwa Khilafah akan tegak kembali.
Sebagaimana dalam sebuah riwayat disampaikan,
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنِي دَاوُدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ سَالِمٍ عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ بَشِيرٌ رَجُلًا يَكُفُّ حَدِيثَهُ فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ فَقَالَ يَا بَشِيرُ بْنَ سَعْدٍ أَتَحْفَظُ حَدِيثَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْأُمَرَاءِ فَقَالَ حُذَيْفَةُ أَنَا أَحْفَظُ خُطْبَتَهُ فَجَلَسَ أَبُو ثَعْلَبَةَ فَقَالَ حُذَيْفَةُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ثُمَّ سَكَتَ (رَوَاهُ اَحْمَدُ)
Imam Ahmad berkata, “Sulaiman bin Dawud al-Thayaalisiy telah meriwayatkan
sebuah hadits kepada kami; di mana ia berkata, “Dawud bin Ibrahim al-Wasithiy
telah menuturkan hadits kepadaku (Sulaiman bin Dawud al-Thayalisiy). Dan Dawud
bin Ibrahim berkata, “Habib bin Salim telah meriwayatkan sebuah hadits dari
Nu’man bin Basyir; dimana ia berkata, “Kami sedang duduk di dalam Masjid
bersama Nabi saw, –Basyir sendiri adalah seorang laki-laki yang suka
mengumpulkan hadits Nabi saw. Lalu, datanglah Abu Tsa’labah al-Khusyaniy seraya
berkata, “Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah kamu hafal hadits Nabi saw yang
berbicara tentang para pemimpin? Hudzaifah menjawab, “Saya hafal khuthbah Nabi
saw.” Hudzaifah berkata, “Nabi saw bersabda, “Akan datang kepada kalian masa
kenabian, dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Kemudian, Allah akan
menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa
Kekhilafahan ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah; dan atas kehendak Allah masa itu akan
datang. Lalu, Allah menghapusnya jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu,
akan datang kepada kalian, masa raja menggigit (raja yang dzalim), dan atas
kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya, jika Ia
berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa raja dictator
(pemaksa); dan atas kehendak Allah masa itu akan datang; lalu Allah akan
menghapusnya jika berkehendak menghapusnya. Kemudian, datanglah masa Khilafah
‘ala Minhaaj al-Nubuwwah (Khilafah yang berjalan di atas kenabian). Setelah
itu, beliau diam”.[HR. Imam Ahmad]
sebuah hadits kepada kami; di mana ia berkata, “Dawud bin Ibrahim al-Wasithiy
telah menuturkan hadits kepadaku (Sulaiman bin Dawud al-Thayalisiy). Dan Dawud
bin Ibrahim berkata, “Habib bin Salim telah meriwayatkan sebuah hadits dari
Nu’man bin Basyir; dimana ia berkata, “Kami sedang duduk di dalam Masjid
bersama Nabi saw, –Basyir sendiri adalah seorang laki-laki yang suka
mengumpulkan hadits Nabi saw. Lalu, datanglah Abu Tsa’labah al-Khusyaniy seraya
berkata, “Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah kamu hafal hadits Nabi saw yang
berbicara tentang para pemimpin? Hudzaifah menjawab, “Saya hafal khuthbah Nabi
saw.” Hudzaifah berkata, “Nabi saw bersabda, “Akan datang kepada kalian masa
kenabian, dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Kemudian, Allah akan
menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa
Kekhilafahan ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah; dan atas kehendak Allah masa itu akan
datang. Lalu, Allah menghapusnya jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu,
akan datang kepada kalian, masa raja menggigit (raja yang dzalim), dan atas
kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya, jika Ia
berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa raja dictator
(pemaksa); dan atas kehendak Allah masa itu akan datang; lalu Allah akan
menghapusnya jika berkehendak menghapusnya. Kemudian, datanglah masa Khilafah
‘ala Minhaaj al-Nubuwwah (Khilafah yang berjalan di atas kenabian). Setelah
itu, beliau diam”.[HR. Imam Ahmad]
Oleh karenanya, bulan rajab ini adalah salah satu bulan yang
bisa dijadikan momentum untuk semakin meneguhkan perjuangan dalam rangka
mewujudkan janji dari Allah swt bisyarah dari Rasulullah saw bahwa Khilafah
akan segera tegak melalui perjuangan, perjuangan yang tidak kenal lelah serta
penuh keikhlasan dari para pengemban dakwah perjuangan tersebut. Wallahu
a’lam.[]
bisa dijadikan momentum untuk semakin meneguhkan perjuangan dalam rangka
mewujudkan janji dari Allah swt bisyarah dari Rasulullah saw bahwa Khilafah
akan segera tegak melalui perjuangan, perjuangan yang tidak kenal lelah serta
penuh keikhlasan dari para pengemban dakwah perjuangan tersebut. Wallahu
a’lam.[]
Dikutip dari http://www.eramuslim.com/
Leave a Reply